View My Stats

Jumat, 10 Februari 2012

Tv layar kaca Vs Lcd Tv



Tv layar kaca vs Lcd Tv


Assalamu’alaikum Wr.Wb


Anda tentunya sudah bisa membedakan antara tv layar kaca dengan lcd tv, bukan. Kalau disuruh pilih hampir 90-99%, mungkin akan memilih lcd karena tipis dan ringan, konsumsi listriknya juga lebih rendah < low watt> selain itu harganya juga terjangkau sekarang ini, kualitas gambarnya pun lumayan bagus tapi apakah anda berfikir apa isi tv lcd itu, tentu tidak, yang mungkin kita bayangkan hanyalah fitur yang memudahkan dalam “relatif” kebutuhan penggunaannya.

Memang tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi telah membuat kemudahan pilihan bagi kita, namun ada pepatah mengatakan “dibalik kelebihan ada kekurangan” atawa “dibalik kekurangan ada kelebihan” tapi nggak berhubungan ame pepatah “ada udang dibalik batu”ya! .setiap orang mempunyai prinsip dalam penggunaan salah satu pilihannya, namun tidak salah jika saya menjelaskan sedikit, apa keuntungan dan kerugian keduanya, yang mungkin jadi pertimbangan .
Selama yang saya tahu sebagai tehnisi elektronik ,yang sering mengalami masalah dalam trouble shutting .(maaf jika ada yang salah)

#1.Kelebihan Tv Layar kaca mempunyai kontras gambar lebih tajam dibanding lcd, namun kelebihan layar kaca terbatas pada resolusi gambar sedang layar lcd respect terhadap resolusi gambar yang tinggi sehingga membuat gambar lebih halus kemampuan grafisnya dilakukan secara digital dengat tingkat kemampuan diatas vga (tergantung dari kulitas digital pemancar digital(tv digital/tv kabel/hdtv)atau input devicenya ; dvd/blu-ray)

#2.Kelebiahan tv layar kaca pada kualitas layar kaca terbaik mempunyai usia lebih lama dibanding lcd yang mempunyai usia lebih pendek berdasarkan banyaknya berapa ribu jam pemakain namun teknologi kedepan memungkinkan pemakaian yang lebih panjang.

#3.Kelebihan layar kaca jika terjadi kerusakan lebih mudah dipahami oleh tehnisi karena sistemnya bisa dilacak dan dipelajari, juga kemudahannya dalam pencarian komponen inti seperi ic/transistor relatif lebih mudah dicari dibanding lcd, yang lebih rumit(jika terjadi kerusakan pada bagian 90% pengelolan digitalnya) kecuali regulatornya masih bisa di ganti/seting komponennya.

#4.Tv layar kaca lebih tinggi konsumsi listriknya tingkat radiasinya lebih tinggi karena tv layar kaca mempunyai tegangan output inverter yang sangat tinggi sebesar 25ribu-27ribu volt untuk menyalakan layar kacanya , dibandingkan lcd lebih friendly(ramah) selain konsumsi listriknya yang rendah tingkat radiasinya kecil

#5.Tv lcd mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi terhadap sistem penayangan gambar sehingga membutuhkan tingkat kestabilan yang tinggi terhadap powersuply, sistem regulasinya yang lebih baik dibanding tv layarkaca, effeck dari tingkat kestabilan yan tinggi membutuhkan sistem pendinginan yang lebih dalam kelayakan pemakain jangka panjang

#6. Karena efek panas yang offer dari lcd dibutuh kan sistem pendinginan yang terbaik minimal ruang terbuka yang pentilasi udaranya terbuka,namun yang terbaik adalah ruangan yang ber AC untuk kelas seperti lcd untuk usia pemakaian maksimal terhadap antisipasi panas.

Sekedar tambahan selain design/sitem yang terbaik,pemilihan komponent untuk tv layar kaca /lcd tv smuanya mempengaruhi kualitas usia dan gambar, namun perlu didukung dengan tingkat regulasi listrik yang stabil dan antisipasi panas. Karena hampir 90% kerusakan tv/lcd didominasi oleh sistem regulasi/kestabilan listrik dan antisipasi panas yang kurang.
Maka jika tidak salah jika peralatan anda dilengkapi stabilizer ac(220v) dan ruangan yang ber-ac agar peralatan anda tetap nyaman.terima kasih

Penulis:Ridwan(elektronikhotspot.blogspot.com)






0 komentar: